Lima Manfaat Mainan Edukatif untuk Anak

Salah satu benda yang dapat berpengaruh terhadap proses stimulasi perkembangan anak adalah mainan. Stimulasi yang paling besar yaitu pada perkembangan fisik, kognitif (kemampuan berfikir), psikososial serta keberanian. Tentu saja bukan sekedar mainan yang Anda berikan kepada si buah hati melainkan mainan yang memiliki edukasi atau mainan edukatif.

Mainan edukatif ternyata cukup penting dalam tahap awal pembelajaran bagi mereka untuk cerdas dalam merespon setiap kejadian di sekitar, seperti dari apa yang di dengar, dirasakan maupun dilihat.

Menurut Dra. Mayke S. Tedjasaputra, M.Si. Beliau adalah pakar play therapist sekaligus seorang psikolog anak pada fakultas psikologi UI Yogyakarta. berikut Lima Manfaat Mainan Edukatif untuk Anak:

Melatih kemampuan motorik
Mainan edukatif dapat merangsang sistem motorik halus dan kasar bagi si anak. Motorik halus ini didapat ketika ia mengambil mainan, memegang dengan kelima jari yang dimilikinya. Sedangkan rangsangan dari motorik kasar diperoleh ketika ia dapat menggerakkan, mengangkat maupun melempat mainannya.

Melatih konsentrasi
Mainan edukatif memang dibuat untuk dapat melatih konsentrasi anak saat menggunakannya. Seperti misalnya ketika anak bermain puzzle, maka konsentrasi dan pandangannya di tuntut untuk dapat fokus, sehingga ia dapat menyusun puzzle tersabbeltoys Alat Permainan Edukatif, Mainan Kayu Edukatif Aman & Berkualitas SNIebut secara benar. Pada tahap ini, secara tidak sadar seorang anak sebenarnya sedang belajar konsentrasi.

Melatih wawasan
Mainan edukatif lebih optimal ketika diikuti dengan penutusan secara lisan oleh guru ataupun orang tua yang mendampinginya. Disinilah seorang anak akan memperoleh masukan pengetahuan dari kosa kata dan kemampuan bagaimana dia berucap dari hal-hal yang diketahuinya.

Mengenalkan wawasan bentuk
Hal ini sudah pasti, karena mainan edukatif salah satunya berfungsi untuk mengenalkan anak pada berbagai macam bentuk dan warna.

Mengenalkan konsep sebab akibat
Pada tahap ini, seperti contohnya misalkan ketika anak sedang memasukkan benda kecil ke dalam benda yang lebih besar, maka secara tidak langsung anak sedang mempelajari bahwa benda yang ukurannya lebih kecil dapat masuk ke ruang yang lebih besar. Hal itu merupakan proses sederhana bagaimana orang tua mengajarkan si kecil tentang konsep sebab akibat. Demikian lima manfaat mainan edukatif untuk anak

Baca juga: Jenis Mainan Anak 1 Tahun yang Bagus Untuk Perkembangan Anak

Oleh sebab itu, bagi orang tua maupun guru jangan tunggu lagi untuk segera mempersiapkan mainan edukatif bagi anak maupun putrinya. Abbeltoys grosir mainan kayu edukatif adalah salah satu alternatif Anda untuk mencari mainan yang sesuai untuk buah hati Anda yang bernilai edukatif

Meskipun mainan edukatif memiliki banyak jenisnya, disarankan lebih baik memilih mainan edukatif yang terbuat dari kayu karena lebih aman digunakan oleh anak.