Ciri-ciri Mainan Edukatif

Kebanyakan orang menganggap sebuah mainan yang diperuntukkan kepada anaknya hanya sebatas alat untuk bermain, namun sekarang sudah banyak mainan yang dirancang dan didesain untuk bisa memberikan nilai lebih bagi si anak. Sebagai contohnya yaitu mainan kayu edukatif yang dijual di Abbeltoys.com ini.

Tidak hanya di Abbeltoys.com anda bisa mendapatkan mainan edukasi bagi anak anda, di luar pun sudah banyak yang menjual mainan dengan tagline “mainan edukasi”.Namun, tidak ada salahnya anda tahu ciri-ciri mainan edukatif. Apa saja ciri mainan edukatif?

 

Bukan suatu hal yang aneh jika setiap anak membutuhkan mainan karena merupakan hiburan yang menyenangkan untuk si anak, sebagai orangtua tentu ingin memberikan kesenangan bagi si buah hati dengan membelikan mainan yang disukai anak.

Lebih baiknya lagi jika kita sebagai orang tua pandai dalam memilih dan memberikan mainan bagi si anak, terutama mainan yang memiliki nilai edukatif. Ciri utama mainan edukatif adalah mainan yang memiliki sifat mendidik, karena arti edukatif menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah bersifat mendidik atau berkenaan dengan pendidikan.

baca juga
Mau Tau Cara Mendidik Anak Agar Mandiri?
2 Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Balita dengan Cepat

Menurut Badru Zaman, dkk (2007: 63) alat permainan bisa dikategorikan sebagai alat permainan edukatif untuk anak apabila memenuhi ciri-ciri sebagai berikut:
1. Ditunjukkan untuk anak
Mainan edukatif yang diperuntukkan untuk anak harus disesuaikan dalam segi bentuk dan fungsi yang memang untuk anak-anak.
2. Berfungsi untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak.
Mainan edukasi harus bisa mengembangkan kecerdasan anak, motorik anak, keterampilan anak, mampu mengembangkan pengkoordinasian antara bagian tubuh anak, dapat melatih pengenalan warna, bentuk dan area, mampu melatih tingkat kreatifitas dan lain-lain.
3. Dapat digunakan dengan berbagai cara, bentuk serta bermacam tujuan dari aspek pengembangan dan manfaat multiguna.

Ciri lain dari mainan edukatif adalah memiliki multifungsi, ada manfaat lain yang diperoleh dan bukan hanya sekedar bermain. Mainan edukatif juga harus mudah dimainkan anak, dengan cara si anak.