2 Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Balita dengan Cepat

Bisakah kita meningkatkan kecerdasan anak balita dengan cepat? Jawabannya adalah BISA.

Dari hasil penelitian, bagian terpenting dalam tubuh manusia yaitu OTAK akan tumbuh sangat pesat saat awal kehidupan, kecepatannya bisa mencapai 70-80% di 3 tahun pertama. Bisa anda bayangkan! Otak yang amat penting ini ternyata ditentukan pada awal kehidupan kita.

Artinya, apabila anda menginginkan kondisi anak anda tumbuh dengan kondisi yang TERBAIK, anda wajib menginvestasikan waktu serta apapun di 3 tahun awal bagi si anak.

Apabila anda mengabaikan rentan waktu 3 tahun tersebut maka anak anda sudah dipastikan tidak dapat berkembang secara maksimal, bukan tidak berkembang hanya saja tingkat perkembaAbbeltoys.com Jual Mainan Kayu Edukatif Murah Berkualitas SNI, Welcome Reseller Alat Permainan Edukatifngannya yang tidak dapat maksimal. Sehingga anak akan tumbuh biasa-biasa saja.

 

Untuk itu, hal apa sajakah yang harus dilakukan?

Dalam sebuah buku dari Jepang berjudul “Anak cerdas dengan IQ 200 ditentukan oleh Ibunya”, dalam buku tersebut dijelaskan dari hasil interview dengan banyak para ibu, kesimpulannya mereka mampu mendidik anaknya menjadi sangat cerdas sekali pada 3 tahun pertama. Itulah yang menentukan kecerdasan anaknya.

Lalu apa sajakah tips yang perlu dilakukan oleh ibu kepada anaknya?

Pertama, seorang ibu perlu memberikan waktu 1 jam khusus setiap harinya untuk berinteraksi dengan anaknya secara efektif untuk perkembangan kecerdasannya, kegiatan tersebut tidak boleh diganggu oleh kegiatan lain.

abbeltoys Alat Permainan Edukatif, Mainan Kayu Edukatif Aman & Berkualitas SNI

Kedua, Bagi orang tua yang bekerja, anda pelu memonitor dan melakukan pengarahan yang benar kepada Baby Sitter atau siapapun yang mengasuh anak anda, tentang aktivitas atau kegiatan yang perlu dilakukan selama anak berada di rumah.

Jika perlu, buatlah daftar kegiatan anak secara jelas, sehingga Babysitter dapat mengetahui apa yang harus dilakukan setiap harinya. Kegiatan yang dilakukan tentu yang mampu memberikan stimulus pada proses perkembangan kecerdasan anak, baik intelektual, emosi maupun fisik dan sosialnya.

Yang perlu dihindari, jangan sampai Babysitter hanya menjaga anak anda saja tanpa memberikan dan melakukan stimulus yang diperlukan oleh anak anda. Anak anda akan kasihan jika itu sampai terjadi, jika pada masa-masa yang membutuhkan stimulus namun anak anda tidak memperolehnya.

Stimulus yang bisa diberikan salah satunya yaitu dengan memberikan mainan yang memiliki nilai edukasi seperti mainan kayu edukatif. Tidak ada salahnya jika kita sebagai orang tua berinvestasi lebih untuk kecerdasan si anak. Sebelum masa 3 tahun pertama terlewatkan percuma.